10 Magnet untuk Mendapatkan Pembeli

Untuk sukses secara online, Anda harus mengarahkan website Anda pada target yang tepat. Esensi dari pembuatan website Anda adalah untuk mendapatkan pembeli potensial. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kontak tersebut adalah menggunakan “magnet”. Apa yang dimaksud dengan magnet adalah elemen-elemen yang dapat menarik perhatian penggunjung website Anda untuk mengisi formulir kontak.

Dengan demikian, hal yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan menggunakan magnet-magnet berikut ini:

  1. Terbitkan E-book Gratis

E-book Anda mungkin tidak akan masuk dalam daftar Best Seller atau bisa jadi tidak memiliki nomer ISBN, namun hal tersebut tidaklah jadi penghalang untuk meraih kesuksesan. E-book adalah cara terbaik untuk menghubungkan Anda dengan calon pembeli Anda.

  1. Buatlah E-Kit

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk belajar. Beberapa orang suka membaca, sebagian orang yang lain suka menonton video dan sebagian yang lain suka mendengarkan saja. Buatlah e-kit yang mencakup ketiganya sehingga dapat menjangkau calon pembeli yang lebih luas.

  1. Sediakan Konsultasi Gratis

Layanan ini bisa diberikan melalui telepon maupun pertemuan secara personal. Anda bisa juga membuat video tutorial untuk mereka. Penawaran atas layanan ini juga bisa Anda sediakan dengan cara mereka mengisi formulir kontak. Anda bisa sediakan kotak besar yang cukup untuk pembeli potensial Anda menanyakan sesuatu yang ingin mereka konsultasikan. Sehingga Anda pun bisa menawarkan produk atau layanan yang tepat bagi mereka.

  1. Perlakukan Konsumen Secara Manusiawi
Baca Juga:  3 Prinsip Dasar Online Marketing

Perlakukan konsumen seperti bagian dari keluarga Anda. Mereka mungkin tidak akan paham secara keseluruhan semua jargon yang menurut Anda bagus. Jadi tugas Anda adalah berkomunikasi dengan mereka dengan bahasa yang mereka pahami, yang bagus untuk Anda dan bagus untuk mereka. Anda bisa membangun komunikasi dan relasi yang lebih baik dengan konsumen Anda. Perhatikan website Anda dan pertimbangkan hal apa saja yang bisa membuat pembeli Anda kembali lagi dan lagi ke website Anda. Saat ini Anda bisa melakukan perubahan pada konsep atau desain marketing Anda untuk menjadikannya magnet ini. Strategi ini cocok untuk jenis usaha yang beragam dan dapat membangun kredibilitas perusahaan dan profesionalisme Anda.

  1. Membuat NewsLetter

Newsletter dikirim secara otomatis dengan urutan yang sudah ditentukan. Email ini mengandung call to action berupa tulisan “klik di sini” atau “kunjungi blog kami”. Sebagai tambahan dari newsletter tersebut, jangan lupa untuk membuat mereka berlanggan  newsletter Anda.

Jika Anda memiliki penawaran produk atau layanan gratis atau diskon yang memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak kontak, bagikanlah penawaran tersebut.

  1. Tuliskan Testimonial dari Pembeli yang Puas

Ketika Anda memberikan free trial kepada calon pembeli Anda, ini bisa Anda gunakan sebagai uji coba. Jika mereka suka dengan produk tersebut, mereka akan melakukan transaksi dan tuliskan testimoni dari mereka. Selama periode free trial ini, pastikan Anda mengirimkan email atau video berisi tips dan trik sukses yang akan membuat calon pembeli tertarik untuk melakukan transaksi.

  1. Buatlah Video Serial
Baca Juga:  4 Tips Jika Bisnis Bersama Teman

Tujuan membuat video serial adalah sama dengan membuat newsletter, yaitu untuk mengedukasi pembeli potensial Anda mengenai bisnis mereka. E-mail dengan konten edukasi bisa dikiriman dalam sebuat serial pesan yang dikirm dengan bersamaan. Namun tidak demikian dengan video. Video serial idealnya membutuhkan waktu dan perhatian lebih. Jadi buatlah jeda pengiriman video serial tersebut.

Dalam video tersebut Anda bisa memuat hal-hal berkaitan dengan layanan yang Anda tawarkan, bisa juga demo produk. Anda bisa juga memasukkan testimonial pembeli Anda. Salah satu kelebihan dari video ini adalah efek audio-visual yang menarik. Buatlah video ini secara professional dan memiliki konten yang menarik dan berbobot.

Perluas jangkauan pemasaran Anda dan kurangi halangan Anda untuk  menjadikannya sebagai magnet penarik pembeli untuk mendapatkan kontak mereka. Berikut ini adalah hal-hal yang harus

Anda perhatikan:

  • Perhatikan masalah visual
  • Perhatikan setiap detail kecil
  • Gunakan bagian dengan “syarat dan ketentuan berlaku”
  • Berikan pertanyaan apakah dia mau berlangganan newsletter Anda
  • Tanyakan informasi-informasi yang diperlukan saja, terutama nama dan alamat email
  • Gunakan kata-kata yang spesifik dalam tombol call to action, seperti “Download e-Book” atau “Kirimi Saya Laporan Gratis”.
  1. Sediakan White Paper

White Paper adalah e-book pendek yang mengandung konten edukasi, studi kasus, data statistik, diskripsi produk maupun cerita. White Paper bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan efektifitas penawaran Anda. Apa yang harus Anda perhatikan dalam membuat White Paper? Gunakan desain dan konten yang professional.

Baca Juga:  10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat

Pastikan white paper Anda dapat memecahkan masalah yang dihadapi para pembeli potensial Anda. Pembeli potensial mencari jawaban dari permasalahan mereka. Jadi pastikan mereka mendapatkan jawabannya. Cobalah berpikir seolah-olah Anda adalah pembeli Anda. Permasalahan apa yang Anda ingin temukan jawabannya? Tulis jawabannya di white paper.

  1. Buat Undangan Webinar

Buat juga undangan webinar eksklusif. Orang menyukai webinar karena gratis, interaktif, dan kontennya disampaikan secara cepat. Cobalah membuat webinar sekali seminggu. Ini akan menjadi magnet untuk mendapatkan kontak calon pembeli Anda. Anggaplah bahwa panggung Anda adalah di depan komputer Anda. Kepribadian dan kemampuan Anda sedang dipertunjukkan.

  1. Buatlah Seminar/ Talkshow

Selain 9 hal diatas, Anda bisa membuat sebuah acara seminar atau talkshow yang bisa menarik perhatian. Anda bisa juga menjadi sponsor acara yang terkait dengan bisnis Anda. Ini akan memberikan nilai baik pada perusahaan Anda dan membangun kontak dengan calon pembeli Anda. Meskipun tidak selalu langsung menghasikan penjualan, namun ini adalah langkah yang baik.